06 Oktober, 2009

Pengalaman Menggunakan USB Modem Sierra GSM 885

Pertama kali akan membeli USB Modem GSM, bingung waktu keliling Jakarta. Selintas awal, ingin membeli merk "Huawei", yg notabene sudah sering mendengarnya. Tapi sewaktu di toko komputer, ada bapak yg menyarakankan untuk mencoba merk "Sierra" saja, dikarenakan beliau pernah membaca diforum internet tentang perbandingan kinerja USB Modem GSM.

Setelah menimbang-nimbang, akhirnya saya pilihan saya jatuh pada USB Modem Sierra GSM 885. Pertimbangan saya karena:
  • Tidak mungkin bapak itu berniat jahat kepada saya, karena dia saat itu juga sedang mencari usb modem untuk anaknya. Paling tidak beliau sudah mencari sedikit informasi.
  • Secara fisik, merk "Huawei" lebih kecil dan ringan daripada merk "Sierra". Yang logikanya, komponen didalamnya jelas lebih "berbobot", paling tidak menurut pemikiran saya.
  • Huawei merupakan salah satu produsen alat telekomunikasi dari China, yg mungkin masih mengutamakan harga jual yg murah. Sierra 100rb lebih mahal. Ikut falsafah orang pada umum-nya saja, "ada harga, ada rupa".
Setelah saya mencoba sekian lama, memang USB Modem Sierra GSM 885 ini cukup tangguh dalam mendapatkan sinyal. Jarang putus koneksi walaupun sinyal sedang buruk. Hanya saja kelemahannya pada timbulnya panas, saat pemakaian sudah 2 jam lebih.

Setelah saya cari2 penyebabnya lewat google.com, ada yg menyarankan untuk update pada "firmware"-nya menggunakan versi yg terbaru. Setelah di update, memang panas yg dihasilkan berkurang drastis. Selain itu, proses "initializing" menjadi lebih cepat.

Kesimpulan: USB Modem Sierra GSM Compass 885 ini dapat mejadi pilihan anda yg sedang mencari usb modem GSM, untuk konektivitas ke internet. Kinerjanya tangguh, terbukti dengan saya sering membiarkan modem hidup terus selama 24 jam, tidak putus ataupun ada masalah. Panasnya pun dapat dikategorikan "dingin".

1 komentar:

  1. mau tanya mas, gimana ya cara update firmware? firmware versi berapa yg mas pakai? ane jg pemakai sierrra 885. dan kadang tiba2 koneksi putus sendiri. mungkin karena panas,,,
    makasi

    BalasHapus