06 Oktober, 2009

Kualitas Koneksi GPRS Indosat IM2 Broadband Unlimited

Salam sejahtera,

Saat masih dalam kuota 2,5GB
Online pertama kali menggunakan modem GSM menggunakan jasa koneksi internet dari Indosat IM2 Broadband Unlimited (Broom Xtra Unlimited). Saat kuota belum habis sih masih terasa lumayan cepat koneksinya. Kecepatan saat dalam kuota sekitar 40kb/s. Baik download maupun upload menggunakan bermacam2 browser masih tidak terasa. Cuman saya lupa bahwa ada kuota 2,5GB dari IM2, dan saya mencoba men-download master program Adobe Photoshop CS4 dengan volume 950MB!! Dan hasilnya kuota habis sekejap dalam waktu 1 minggu saja!

Saat kuota sudah habis...
Kiamat! Itu lah yg terlintas dalam benak saya. Bayangkan saja, untuk membuka 1 halaman facebook.com saja membutuhkan waktu sekitar 1/2 jam! Itu pun perlu me-refresh jika terjadi kegagalan. Sewaktu saya komplain kepada pihak IM2, mereka menjawab bahwa itu merupakan gangguan jaringan saja. Saya sampai berpikir untuk menjual kembali modem dan kartu itu, untuk diganti dengan speedy saja.

Hikmah dari kesabaran
Setelah saya timbang2, rugi juga saya menjual barang yg notabene masih baru tersebut. Begitu beberapa hari, eh kecepatan yg didapat agak lumayan. Tidak terlalu cepat sih, cuma cukuplah untuk meng-update status facebook saya. Saya mulai berpikir dari situ. Bahwa koneksi menggunakan sinyal handphone ini sangat bergantung kepada berbagai faktor. Seperti cuaca, tingkat SDM para teknisi jaringan disekitar rumah saya, dll.

Cara Mengatasi Bagi Yg Mengalami...
Setelah 3 minggu saya berkutat dengan layanan Indosat IM2 ini, saya sedikit2 mencoba untuk "memahami" saat kecepatan koneksi sedang tidak stabil.
  1. Gunakan browser Google Chrome untuk facebook.com. Jika sedang parah sekali koneksi-nya, terpaksa sekali gunakan alamat m.facebook.com
  2. Untuk browsing ke alamat situs yg lain, pakai Opera 10 dengan turbo mode diaktifkan. Jika lambat sekali, aktifkan "load image from cache" atau "do not show image"
  3. Pasang program DU Meter (pengukur arus bandwidth internet secara real time), untuk menilai apakah ada aliran data yg berjalan atau tidak.
  4. Jika tidak ada aliran data, langsung re-load web page.
Kesimpulan, koneksi GPRS Indosat IM2 Broom Xtra Unlimited masih dapat dipertimbangkan sebagai jembatan koneksi internet anda yg "mobile". Kuota 2,5GB, jika hanya digunakan untuk facebook, email dan browsing informasi masih dirasa cukup untuk pemakaian 1 bulan. Toh, jika lebih dari kuota masih dapat "online" dengan kecepatan 64kbps.. Kualitas yg cukup setimpal dengan harga 125rb/bulan.

Silahkan jika ada komen atau pertanyaan.

1 komentar:

  1. iya sih, gw juga ngalamin lemotnya IM2 setelah kuota habis.. parah gilak..,
    masih setia browsing pake firefox.
    tapi ntar dicoba deh pake google chrome, emang pengaruhnya terasa banget ya?

    oya kenapa pake opera 10? kelebihannya apa?

    BalasHapus